Jumat, 09 Maret 2012

Perkembangan Internet di Indonesia, Kini dan Nanti


INTERNET??



Pasti hampir semua orang di Indonesia bahkan di dunia mengetahui,apa itu internet. Bahkan Mereka juga sering menggunakan teknologi tersebut dalam kehidupan sehari hari entah untuk browsing,chatting, facebookan maupun twitteran. Tidak salah bukan perkataan saya ini??


Dan tentunya kemajuan teknologi informatika berdampak pada munculnya berbagai potensi ekonomi baru seperti e-commerce. Agar potensi ekonomi tersebut dapat berkembang, syarat utamanya adalah perbaikan jaringan broadband. Hal ini dikarenakan perkembangan broadband akan membantu pertumbuhan traffic e-commerce, walaupun mungkin tidak akan melebihi pemain over the top seperti Google, Yahoo, dan lainnya.


Dalam e-commerce yang menjual video saja, yang nanti akan jadi perbandingan untuk memilih adalah mana penjual yang proses unduhannya lebih cepat. Untuk mendukung hal itu, menurutnya, operator harus membangun infrastruktur. Hasil riset Frost & Sullivan menyebutkan, pada tahun 2012 ini jaringan 3G baru ada sekira 23 persen, untuk 2,5G ada 62 persen, dan non GPRS ada 15 persen.Yang mesti dilakukan saat ini adalah menyiapkan infrastruktur backbone nasional seperti Palapa Ring. Kemudian nanti operator-operator bisa mengembangkan. Namun selain memiliki potensi perkembangan ecommerce, di Indonesia sendiri internet masih belum banyak digunakan untuk aktivitas ekonomi. Kegunaannya masih untuk sekadar bersenang-senang. Di Indonesia ada 50 juta internet user, yang kenaikannya luar biasa, ini semuanya mobile internet. Facebook juga masih yang terbesar ketiga, tapi sayangnya ini belum punya nilai ekonomi. Semuanya masih kepentingan pleasure saja.


Dan ini fakta ini tentunya sangat mengenaskan bagi kita semua..Dan ini merupakan tugas kita sebagai seorang mahasiswa, apalagi dari Konsentrasi Marketing Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya untuk menelaah, bagaimana baiknya saat ini. Maka dari itu, kita saat ini diajarkan E-Commerce di bangku kuliah tak lain dan tak bukan untuk mempelajari mengenai Internet karena Internet di masa depan adalah E-Commerce!!


Silahkan lihat site yang lain yaa di.. 

Website Pak Nanang Suryadi 1

 Website Pak Nanang Suryadi 2

Blog UB Pak Nanang Suryadi 1 

E-commerce Blog


Source : http://techno.okezone.com/read/2012/02/15/55/576394/broadband-indonesia-bisa-majukan-e-commerce


Tidak ada komentar:

Posting Komentar